Mantan Presiden FIFA Tolak Penggunaan VAR Di Piala Dunia 2018

Sepakbolaqq.com, Berita Sepakbola – Mantan Presiden FIFA Tolak Penggunaan VAR Di Piala Dunia 2018

Gelombang penolakan diberlakukannya teknologi Video Assistant Referee (VAR), rupanya masih terus berlanjut. Kini giliran mantan presiden FIFA Joseph Sepp Blatter, yang mengemukakan pendapatnya.

Blatter yang kini menjalani hukuman enam tahun larangan beraktivitas di sepak bola usai terbukti terlibat suap pada 2011 lalu, meyakini jika VAR tidak layak untuk diujicobakan pada kompetisi yang berskala besar. Untuk itu ia tidak berkenan Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Rusia menggunakan VAR.

Reaksi keras Blatter yang ia sampaikan lewat akun Twitternya pada Kamis (1/3), sebagai tanggapan kabar yang menyebutkan jika presiden FIFA saat ini, Gianni Infantino, ingin VAR dipakai di Piala Dunia andai pertemuan dengan International Football Association Board berbuah lampu hijau pada Sabtu (3/3) mendatang. Tentunya hal ini akan kembali menimbulkan pro dan kontra yang masif.

Meski diciptakan dengan niatan baik khususnya membantu meringankan kerja wasit di lapangan dalam membuat keputusan dengan menyediakan rekaman ulang atas suatu insiden, namun VAR sejauh ini terlalu banyak menimbulkan respon negatif baik dari para pelaku atau penikmat sepakbola. Meski bisa membuat keputusan wasit cenderung lebih akurat namun VAR dianggap menghilangkan elemen spontanitas dan drama yang sudah menjadi bagian dari olahraga sebelas lawan sebelas sejak pertamakali dimainkan.

Contoh yang terbaru dari ‘buruknya’ VAR terjadi di laga replay babak kelima Piala FA antara Tottenham Hotspur kontra Rochdale di Wembley Stadium, Kamis (1/3) lalu. Meski The Spurs mampu menang besar dengan skor 6-1 atas The Dale namun tim sauhan Mauricio Pochettino tersebut merasa dirugikan. Berkat VAR mereka punya satu gol yang tidak disahkan dan juga penalti yang dianulir. Proses pengambilan keputusan juga butuh waktu lama sehingga injury time sampai diperpanjang lima menit.

Agen Bola Terpercaya – Saat Piala Dunia 2018 belum menentukan nasib VAR, Liga Champions justru memastikan masih belum akan menggunakan inovasi tersebut di musim depan. Lewat presidennya, Aleksander Caferin, UEFA mengumumkan hal itu pada Senin (26/2) lalu.

“Aku tidak yakin jika UEFA akan menggunakannya namun untuk percobaan masih diperbolehkan. Aku rasa itu (VAR) akan digunakan di Piala Dunia. Tapi yang jelas kami tidak akan memakainya di Liga Champions musim depan,” papar Caferin seperti yang dikutip dari The Guardian.

“(Tidak memakai VAR) bukan berarti aku membencinya. Kurasa tidak ada cara untuk melawan perkembangan zaman. Tapi kita harus lebih mengedukasi wasit lagi,”

“VAR bisa menjadi masalah besar karena tidak ada satupun yang mengetahui secara pasti penggunaannya. Kita lihat langkah apa yang diambil Piala Dunia. Tidak seharusnya kita memaksakan sesuatu yang belum jelas,” tandas pria asal Slovenia tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *